INFO
  •  Selamat Datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Boven Digoel 
  •  " NUP BAGEN NGGUP BAGENNEP, NGGUP BAGENNEP NUP BAGEN ( SAYA ADA KARENA KAMU ADA, KAMU ADA KARENA SAYA ADA)" 
Pemerintah Kabupaten Bovendigoel

KONSULTASI PUBLIK RENCANA PENGELOLAAN HUTAN JANGKA PANJANG (RPHJP) KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN PRODUKSI (KPHP) UNIT LIII/(53) BOVEN DIGOEL

Sabtu, 16 Maret 2019

 

Pemerintah Provinsi Papua melalui KPHP unit LIII/(53) Boven Digoel dan USAID Program Lestari melaksanakakan kegiatan Konsultasi publik Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP), Kesatuan pegelolaan Hutan Produksi (KPHP) bertempat di aula Gereja Betel Tanah Merah, pada hari rabu tanggal 27 Februari 2019.

 

Wakil Bupati Boven Digoel H.Chaerul Anwar, ST saat membacakan sambutan Bupati Boven Digoel mengatakan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) adalah Wilayah pengelolaan hutan sesuai dengan fungsi pokok dan peruntukannya yang dikelola secara efesiensi dan lestari.  KPH merupakan bagian dari penguatan sistem pengurusan Hutan Nasional Provinsi dan Kabupaten/Kota. Unit pengelolaan Hutan (KPH) tersebut perlu didesain sedemikian rupa sesuai situasi lapangan sehingga pembangunan KPH dapat mencapai kondisi yang memungkinkan (Enabling Conditions) dalam hal pengelolaan hutan secara berkelanjutan.

 

H. Chaerul Anwar,ST  menegaskan bahwa pembangunan wilayah KPH diwujudkan melalui pendekatan 3 aspek penting yaitu ; Aspek Wilayah, dilakukan melalui penetapan sebagai KPH Model; Aspek Kelembagaan, dilakukan melalui penetapan organisasi, pengisian SDM, Kelengkapan Sarana dan Prasarana Dasar; dan Aspek Rencana, dilakukan melalui tata Hutan dan penyusunan rencana pengelolaan hutan. Selain itu ditegaskan bahwa sampai saat ini, KPHP belum memiliki dokumen tata hutan dan rencana hutan jangka panjang (RPHJP) sehingga implementasi dan pengelolaan kawasan KPHP LIII belum bisa dijalankan.

 

Melalui Konsultasi Publik, H.Chaerul Anwar,ST mengharapkan kegiatan ini  menjadi acuan untuk pelaksanaan kerja bersama semua pihak dalam membangun rasa kesadaran dan ikut peduli akan pelestarian lingkungan disekitar kita  sehingga menjadi penunjang pemenuhan kesejahteraan masyarakat. (anto)

Simpan sebagai :

Berita terkait :