INFO
  •  Selamat Datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Boven Digoel 
  •  " NUP BAGEN NGGUP BAGENNEP, NGGUP BAGENNEP NUP BAGEN ( SAYA ADA KARENA KAMU ADA, KAMU ADA KARENA SAYA ADA)" 

PALAPA RING TIMUR TIBA DI KABUPATEN BOVEN DIGOEL

Jumat, 23 Maret 2018

Proyek Palapa Ring merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi Sistem Telekomunikasi yang menghubungkan seluruh  kota/ kabupaten  di Indonesia di daerah-daerah  non-commersial demi pemerataan akses pitalebar (broadband). Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur Telekomunikasi pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik (wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkannya. Palapa Ring ini akan mengintegrasikan jaringan yg sdh ada (existing network) dengan jaringan baru (new network) pada wilayah timur Indonesia Palapa Ring Timur dibangun sejauh 4.450 KM yang terdiri dari sub marince cable sejauh 3.850 KM kabel laut dan Land cable sepanjang 600 KM kabel di dataran dengan landing point lima belas titik pada 57 Kota/Kabupaten di Indonesia.  Paket timur dengan total 6.300 km.

Jaringan tersebut berkapasitas 100 GB (upgradedeable 160 GB) dgn mengusung konsep ring, dua pair (empat core). Strategi pembangunan Palapa Ring adalah membentuk suatu konsorsium dimana anggota konsorsium terdiri dari penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. Akselerasi Pertumbuhan dan Pemerataan sosial ekonomi melalui ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkapasitas besar yg terpadu bisa memberikan jaminan kualitas  internet  dan komunikasi  yg berkualitas  tinggi,  aman dan murah.

"Pemerintah tidak memikirkan untung atau rugi, namun bagaimana masyarakat dpt menikmati akses internet yang murah dan mudah.  Pemerintah tidak melihat dari sisi kelayakan keuangan namun dari sisi ekonomi makro dimana jika Palapa Ring dibangun dapat meningkatkan perekonomian masyarakat ". Semoga dengan kehadiran palapa ring di Kabupaten Boven Digoel dapat meningkatkan kualitas internet dan jaringan  komunikasi yang lebih baik. 

 

 

Dokumentasi : Kominfo Boven Digoel

Simpan sebagai :

Berita terkait :