INFO
  •  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN BOVEN DIGOEL 
  •  " NUP BAGEN NGGUP BAGENNEP, NGGUP BAGENNEP NUP BAGEN ( SAYA ADA KARENA KAMU ADA, KAMU ADA KARENA SAYA ADA)" 
Pemerintah Kabupaten Bovendigoel

› Boven DigoelBoven Digoel Kembali Mendapatkan Bantuan 72 BTS dari BAKTI Kemenkominfo Boven Digoel Kembali Mendapatkan Bantuan 72 BTS dari BAKTI Kem

Senin, 26 April 2021

JOURNALTELEGRAF- Kabupaten Boven Digoel tahun ini kembali mendapatkan bantuan 72 Base Transceiver Station (BTS) yang merupakan sebuah infrastruktur telekomunikasi, untuk memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator.

 

Sejumlah BTS itu merupakan bantuan langsung dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tahun anggaran 2021.

 

Kepala Dinas Kominfo Boven Digoel, Lambertus Ignatius Fatruan, S.T mengatakan, saat ini Tim tengah melakukan survey tahap pertama ke 14 distrik, untuk mengecek lokasi pembangunan BTS.

 

"Survey ini untuk memastikan dan menentukan lokasi titik pembangunan 49 BTS tahap pertama. Selanjutnya Survey tahap kedua akan dilakukan di  6 distrik lainnya, untuk pembangunan sisanya dari 72 BTS yang direncanakan," kata Lambertus Fatruan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/04/2021).

 

Lanjutnya, tujuan dari bantuan Pembangunan BTS ini, untuk mewujudkan Indonesia merdeka sinyal. Dengan begitu masyarakat yang jauh didaerah pedalaman (3T) bisa menikmati layanan telekomunikasi dan akses Internet, mengetahui berbagai perkembangan Informasi, juga untuk mendukung aspek ekonomi masyarakat.

 

"Hal ini juga untuk mendukung program Pemerintah dalam pengelolaan dana Kampung (DK), karena kedepan pengelolaan dan pelaporan dana Kampung akan menggunakan Aplikasi," ungkapnya.

Sementara itu saat disinggung soal pembebasan lahan pembangunan BTS yang sering menimbulkan polemik di masyarakat terutama pemilik hak Ulayat, Jelas Kepala Dinas Kominfo, hal ini sudah disampaikan pada 72 Kepala Kampung untuk dikoordinasikan dengan pemilik hak ulayat dan menyediakan lahan  yang diminta yang disertai dengan Surat Pelepasannya.

 

"Menyangkut itu jauh-jauh hari sudah kami sampaikan dan saya yakin lahan ini sudah disiapkan, karena masyarakat juga menyambut baik program Pemerintah ini," Jelas Kadis Kominfo.

 

Namun yang ingin kami ingatkan lagi, dalam penentuan lokasi (titik) pembangunan BTS, baiknnya disesuaikan dengan permintaan Tim Survey, karena mereka akan mengukur dan menghitung tata letak kordinat lokasi pembangunan BTS tersebut.

 

Diketahui untuk di Boven Digoel total sekarang sudah ada 38 BTS, yang tersebar di berbagai distrik dan Kampung, sehingga untuk bantuan pembangunan BTS tahun ini, akan difokuskan untuk wilayah distrik yang belum terjangkau oleh infrastruktur telekomunikasi (blank spot).

 

Reporter : Thedy

Editor : Arham Licin

 

 

link : Boven Digoel Kembali Mendapatkan Bantuan 72 BTS dari BAKTI Kemenkominfo

Simpan sebagai :

Berita terkait :