Dinkes Boven Digoel Gelar Sosialisasi KIE Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha dan Masyarakat

FB_IMG_1635435971189.jpg

 

Boven Digoel, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel menggelar Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), Keamanan Pangan bagi pelaku usaha dan masyarakat, bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Boven Digoellertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Boven Digoel, Kamis (28/10/21).

Sesuai dengan amanat UU No. 18 tahun 2012 tentang Pangan bahwa negara berkewajiban menjamin ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perorangan secara merata di seluruh Indonesia.

Terkait dengan hal tersebut, suatu program yang diperlukan untuk konsisten dan diluncurkan sehingga pangan yang aman, bermutu, dan bergizi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.

 

Ratusan peserta mengikuti kegiatan KIE. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan KIE Keamanan pangan adalah masyarakat umum, pelaku usaha (kios-kios, swalayan, warung makan), pengelola kantin sekolah, ibu-ibu Bayangkari, ibu-ibu persit, ibu-ibu Majelis Taklim, ibu-ibu Majelis Gereje.

 

Ketua panitia pelaksana Nur Jannah, S.Farm, APT dalam keterangannya mengatakan pelaksanaan program KIE bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakata agar dapat melindungi dirinya dari makanan yang tidak memenuhi ketentuan dan memahami akan pentingnya keamanan pangan.

Nur Jannah juga menuturkan bahwa makanan merupakan kebutuhan yang sangat erat. Tidak hanya memenuhi kehidupan dasar, sejatinya makanan juga menjadi penentu kualitas kehidupan manusia. Dengan demikian, pengawasan makanan berfungsi dalam upaya perlindungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Boven Digoel.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel H. Syahib, S.KM.,M.Kes dalam sambutannya mengatakan, keamanan pangan adalah tugas Dinas Kesehatan dengan Balai POM untuk selalu berupaya agar masyarakat dapat mengkonsumsi produk-produk yang aman, sehingga tidak ada kerugian yang timbul diderita oleh konsumen.

Kadinkes juga menyampaikan bahwa upaya sosialisasi kali ini merupakan upaya-upaya yang harus dilaksanakan secara rutin dan tujuan yang baik untuk kita semua.

"Sekali lagi sosialisasi KIE Keamanan Pangan ini baik untuk semua, baik untuk masyarakat sebagai penerima konsumen, baik untuk para pengusaha agar aman dalam menjalankan kegiatan-kegiatan usaha, tidak ada dampak yang dapat menimbulkan masalah antara produsen dan konsumen," tutup Syahib.( MC.Boven Digoel/MTR)LINK BERITA