DISKOMINFO BOVEN DIGOEL GELAR PELATIHAN DAN PEMBENTUKAN KIM DISTRIK NINATI

ibu_merry_1.jpg

Boven Digoel, InfoPublik – Memberikan pengetahuan mengenai Komputer, Internet, Jurnalistik dan Kameramen, Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boven Digoel laksanakan Pelatihan pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Distrik Ninati, Rabu (07/07/21).

Dalam Arahan Kepala Diskominfo Boven Digoel yang dibacakan Plt Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Maria Payunglangi, S.Sos mengatakan, Kelompok Informasi Masyarakat ini merupakan salah satu lembaga komunikasi sosial yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya.

Kelompok ini dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif dapat mengelola informasi, serta KIM sebagai pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan nilai posistif dalam menginformasikan bebagai kegiatan serta potensi suatu daerah tertentu.

“Jadi KIM sangat strategis dalam mengelola informasikan baik berupa berita suatu peristiwa atau mengangkat sumber potensi masyarakat Ninati. Apalagi Distik ini merupakan wilayah perbatasan yang kini tengah dibangun Pos Lintas Batas Nagara (PLBN),” kata Maria.

Lanjutnya, KIM ini berdiri di bawah payung hukum yaitu Peraturan Mentri Kominfo, Nomor 08/per/m./kominfo/6/2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

KIM mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia untuk berinteraksi, sehingga KIM dapat disebut sebagai fasilitator bagi masyarakat dan sebagai mitra Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah.

“Selain itu, KIM sebagai penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat juga sebagai pelancar arus informasi bagi masyarakat desa atau kelurahan,” jelas Merry.

Maria juga menambahkan KIM mempunyai fungsi utama yaitu, sebagai wahana informasi, komunikasi yang merupakan jembatan bagi kelompok untuk bertukar informasi dengan sesama anggota KIM lainnya.

Dengan pentingnya peran dan fungsi KIM yang dibentuk dari Pusat sampai daerah, Ia berharap masyarakat Boven Digoel khususnya Distrik Ninati turut melibatkan diri untuk meningkatkan sumber daya manusia yang kreatif. (MC. Boven Digoel, ARFK )

LINK BERITA