INFO
  •  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN BOVEN DIGOEL 
  •  " NUP BAGEN NGGUP BAGENNEP, NGGUP BAGENNEP NUP BAGEN ( SAYA ADA KARENA KAMU ADA, KAMU ADA KARENA SAYA ADA)" 
Pemerintah Kabupaten Bovendigoel

Hadirnya PLBN Yetetkun Mulai Berdampak Positif Pada Peningkatan Ekonomi Masyarakat Perbatasan

Kamis, 6 Mei 2021

Boven Digoel, InfoPublik - Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun Distrik Ninati Kabupaten Boven Digoel Papua, sejauh ini terpantau berjalan lancar tanpa kendala. 

"Sejauh ini progres pembangunan PLBN Yetetkun terus berjalan lacar tanpa kendala. Namun akan molor dari waktu yang ditargetkan. Awalnya ditargetkan selesai tahun ini, tetapi berdasarkan informasi yang kami terima dari pihak Perusahaan belum lama ini, PLBN tersebut akan rampung 2022 mendatang," jelas Kepala Distrik Ninati Richardus Kutmop saat dijumpai di halaman Kantor Bupati Boven Digoel, Rabu (05/05/21).

Meskipun begitu, diakui Kepala Distrik Ninati, dengan hadirnya program pembangunan PLBN ini, yang dimulai dengan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, membawa dampak positif bagi warganya di daerah tapal batas RI-PNG.

Dengan dukungan fasilitas jalan dan jembatan kini memudahkan akses masyarakat membawa hasil kebun ( jualan) langsung ke Patok Batas Negara. Disitulah mereka kerap menggelar pasar dadakan dan transaksi jual-beli menggunakan dua mata uang Rupiah dan Kina.

"Iya daya beli masyarakat di wilayah perbatasan mulai membaik ketimbang sebelum adanya proyek pembangunan PLBN di Kampung Yetetkun. Namun kami tetap awasi karena hal ini belum resmi," kata Kadis Ninati.

Sementara terkait fungsi pengawasan, menurut Kepala Distrik Ninati, perlu ada Tim Pengawasan Orang Asing, sehingga aktivitas orang asing di sini harus dipantau.

 

Hal ini sudah disanggupi pihak Imigrasi Merauke, namun hingga kini belum terlaksana, sehingga dirinya minta pihak Imigrasi untuk segera membentuk Tim tersebut dan lakukan fungsi pengawasan di wilayah serambi NKRI yang mulai dipoles ini. (MC. Boven Digoel/ ARFK)

LINK : IMG-20210504-WA00153

Simpan sebagai :

Berita terkait :