Mengenal Dunia Industri, 200 Pelajar SMK Negeri I Terjun Langsung Prakerin Asah Keahlian

br66f1052b50931.jpg

Boven Digoel, InfoPublik - Praktik kerja industri (Prakerin) adalah salah satu syarat wajib untuk para peserta didik di sekolah menengah kejuruan (SMK) dapat menyelesaikan pendidikannya. Maka SMK Negeri I Tanah Merah menerjunkan langsung 200 lebih siswa – siswi untuk praktik di dunia industri selama dua bulan.

Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri I Tanah Merah yang juga guru kurikulum Debby S.Pd mengatakan, tujuan  para pelajar kelas XII diterjunkan langsung ke lapangan usaha guna memperkenalkan para siswa-siswa  tentang dunia industri.

Para siswa melaksanakan prakerin di beberapa dinas, lembaga, BUMN dan juga beberapa bengkel yang ada di Kota Tanah Merah sesuai dengan permintaan dari dinas-dinas terkait di antaranya Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Dukcapil, RRI, PT PLN, PT Palapa Ring (Telkom) dan juga Apar.

“Serta untuk membina anak didik agar mengetahui apa itu dunia industri dan bagaimana cara kerja serta kedisiplinan yang ada di dunia industri dan juga peraturan serta pengalaman sesuai dengan keahlian yang mereka dapatkan di bangku sekolah,” ulas Debby saat dijumpai awak media di ruang kerjanya, Jumat (20/9/2024).

Selain itu, Wakasek Kehumasan Prodensia Bapa S.Pd juga menambahkan, praktik kerja lapangan (PKL) tahun ini SMK Negeri I Tanah Merah mendapat kerja sama dengan PT Korindo Grup Asiki untuk para siswa-siswi dari setiap jurusan yang ada agar dapat melakukan prakerin di lapangan kerja.

Prodensia berharap, semoga dengan melakukan prakerin para pelajar lebih banyak bertanya dan juga mengenal bagaimana tantangan situasi dunia industri yang mereka hadapi supaya menjadi bekal ke depannya. Sehingga nantinya dapat mengharumkan nama sekolah, pribadi, keluarga dan juga kabupaten serta bangsa. ( MC.BOVEN / RAY/YOKHUSAL )